Profil PCM Wirobrajan Periode 2005-2010

A.     Pendirian PCM Wirobrajan
PCM Wirobrajan telah ada mulai tahun 1959 (periode 1959 – 1962) dengan ketuanya adalah R. Somodiharjo. Selanjutnya, PCM Wirobrajan disahkan berdirinya oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan diterbitkannya Surat Keputusan nomor: M.1442/D-1 tertanggal 10 Juli 1960 yang diperkokoh dengan Piagam Pendirian dari PP Muhammadiyah nomor: 352/KET/I.0/B/2008 tertanggal 30 Rajab 1429H/ 02 Agustus 2008M. Foto kopi piagam pendirian dapat dilihat pada lampiran 1.
B.     Susunan Pimpinan
Susunan pimpinan PCM Wirobrajan masa jabatan 2005 – 2010 adalah sebagai berikut:

Penasehat 


:  1. Damanhuri, BA.
   2. Drs. H. Kemat HS.
   3. Drs. H. Wasis Abdullah Maksum

Ketua  

Wakil Ketua
Wakil Ketua
Wakil Ketua
Wakil Ketua
Wakil Ketua
Wakil Ketua
Sekretaris
Wakil  Sekretaris
Bendahara
Wakil  Bendahara
:  Drs. Aris Thobirin, M.Si.
:  Drs. Setyadi Rahman
:  Drs. H. Edy Haryanto
:  Drs. H. Ahmad Muhajir, MA.
:  Sigit Haryo Yudanto, S.Psi.
:  Drs. Ausath Asfianto
:  M. Ikhwan Ahada, S.Ag.
:  Iwan Nur Suharsono
:  Totok Yuniarto Bayu Aji
:  Ir. Djamingun
:  Afwan Suhaimi D.R., S.Pd.
Untuk kelancaran tugas-tugas PCM maka telah disusun job description PCM Wirobrajan serta dilengkapi majelis-majelis yang secara lengkap dapat dilihat pada lampiran 10.

C.     Batas-batas Wilayah PCM Wirobrajan
PCM Wirobrajan mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut
Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan kabupeten Bantul.
Sebelah utara berbatasan dengan PCM Tegalrejo.
Sebelah timur berbatasan dengan PCM Ngampilan dan PCM Mantrijeron.

D.     Sekretariat/Kantor PCM Wirobrajan
Sejak berdiri sampai dengan tahun 2004 kantor PCM menempati salah satu ruang di Masjid Wakaf, Patangpuluhan. Pada akhir masa jabatan 2000 – 2005, yaitu tahun 2005 serta tahun 2006 PCM telah memiliki kantor di Jln. HOS Cokroaminoto No.17 Yogyakarta dengan status milik Muhammadiyah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Tahun 2007 PCM Wirobrajan telah memiliki Gedung Dakwah yang sekaligus berfungsi sebagai Kantor Pusat PCM di atas tanah seluas 250 meter persegi dengan alamat: Jln. Bugisan No.23 Yogyakarta, telp. (0274)379440, 374767. Sedangkan kantor yang berada di Jln. HOS Cokroaminoto direncanakan sebagai kantor PCPM dan PCNA.

E.     PRM di Cabang Wirobrajan
Dalam perkembangannya sampai saat ini PCM Wirobrajan yang menempati wilayah 3 kelurahan mempunyai/membawahi 8 Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), yaitu PRM Patangpuluhan, PRM Sindurejan, PRM Ketanggungan, PRM Wirobrajan, PRM Singosaren, PRM Gampingan, PRM Kuncen, dan PRM Tegalmulyo. Kedelapan PRM tersebut telah menyelenggarakan Musyawarah Ranting (Musyran) untuk memilih Ketua dan Anggota Pimpinan Masa Jabatan 2005 – 2010 dan semua anggota pimpinan telah dilantik oleh PCM.

F.     Ortom
Di tingkat PCM terdapat 4 Oranisasi Otonom (Ortom), yaitu: Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM), Pimpinan Cabang Nasiyatul Aisyiyah (PCNA), dan Kwarcab Hizbul Wathan (HW). Koordinasi PCM dengan Ortom-ortomnya berjalan dengan baik dan harmonis.


G.     Permusyawaratan

1.     Musyawarah Cabang
Pada setiap akhir masa jabatan diadakan Musyawarah Cabang (Musycab) dengan anggota dan peserta musycab berpedoman kepada AD dan ART Muhammadiyah. PCM Masa Jabatan 2005 – 2010 merupakan hasil Musycab yang diselenggarakan pada tanggal 13 Mei 2006 bertempat di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

2.     Musyawarah Pimpinan
Setidaknya satu kali dalam masa jabatan PCM menyelenggarakan Musyawarah Pimpinan (Musypim) yang dihadiri peserta musypim sesuai dengan AD dan ART Muhammadiyah. Musypim terakhir dilaksanakan pada hari Senin 10 April 2006 bertempat di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan agenda persiapan Musycab.

3.     Rapat Kerja Pimpinan
Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) setiap akhir tahun kegiatan dengan agenda evaluasi dan laporan kegiatan serta keuangan PCM selama satu tahun, serta penyusunan kegiatan dan RAPB satu tahun berikutnya. Tanfidz Keputusan Rakerpim terakhir dapat dilihat pada lampiran 3.

4.     Rapat Pimpinan
Rapat Pimpinan secara rutin dilaksanakan sebagai berikut:
1)   Rapat pimpinan harian PCM dilaksanakan setiap Jumat pertama bertempat di rumah anggota pimpinan harian secara bergiliran. Jadwal Rapat Pimpinan Harian dapat dilihat pada Tanfidz Keputusan Rakerpim lampiran 3.
2)   Rapat pleno, yang diikuti anggota pimpinan harian serta ketua dan anggota majelis dilaksanakan setiap Jumat ketiga bertempat di kantor PCM. Jadwal Rapat Pleno dapat dilihat pada Tanfidz Keputusan Rakerpim lampiran 3.
3)   Rapat konsultasi PCM, Ortom tingkat cabang dan PRM se cabang dilaksanakan setiap Jumat ke empat bertempat di PRM-PRM secara bergiliran. Pada pelaksanaan rapat ini diawali dengan pengajian iftitah oleh PRM secara bergiliran (sesuai jadwal), dilanjutkan laporan kegiatan PRM yang ketempatan, dan dilanjutkan dengan informasi-informasi dan konsultasi. Jadwal Rapat Konsultasi dapat dilihat pada Tanfidz Keputusan Rakerpim lampiran 3.

H.    Program/ Kegiatan
Program/kegiatan yang telah direncanakan pada tahun kedua masa jabatan PCM 2005 – 2010 tertuang dalam Program Kerja sebagai hasil Rakerpim Tahun kedua yang telah ditanfidzkan (lampiran 3) dan untuk Program Kerja tahun ketiga sebagai hasil Rakerpim tanggal 20 Februari 2008 yang telah ditanfidzkan juga dapat dilihat pada lampiran 3.  Sedangkan pelaksanaan kegiatan satu tahun  terangkum di dalam Laporan Kegiatan yang disampaikan dalam Rakerpim.

  1. Kegiatan pengajian pimpinan dilaksanakan pada setiap hari selasa pukul 19.30 sd 21.30 bertempat di MAsjid Amal Mulya dengan materi pokok berupa kajian tauhid.
  2. Pengajian anggota diserahkan kepada tiap-tiap ranting untuk melaksanakannya.
  3. Pengajian umum dilaksanakan bertepatan dengan moment-moment tertentu yang sudah direncanakan, seperti pada saat bulan Syawwal sekaligus mangayubagyo jamaah calon haji dan pengajian akbar sekaligus pengumuman dan pembagian hadiah pemenang lomba PRM se Cabang Wirobrajan yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2008 di Asrama Abu Dzar Al Ghifari, Madrasah Muallimin Muhammadiyah.
Pengajian akbar dalam rangka Syawwalan sekaligus mangayubagyo jamaah calon haji terakhir dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2008 bekerja sama dengan PCA Wirobrajan, KUA Wirobrajan, MUI dan IPHI Wirobrajan.
  1. PCM Wirobrajan memiliki Korps Muballigh sebagai agen dakwah yang telah ditetapkan dengan SK PCM Nomor 105/KEP/IV.0/E/2008. Pengajian Muballigh sudah direncanakan dengan jadwal seperti pada lampiran 9.
  2. Kegiatan sosial dilaksanakan diantaranya berupa pendirian posko peduli gempa dan bantuan pengiriman 12 tangki air bersih ke Gunungkidul serta pentasyarufan zakat kepada yang berhak menerima. Kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan pendirian Koperasi Barokah pada tahun 2000 yang sekarang bernama KSU BMT Barokah Padi Melati, yang salah satu usahanya berupa BMT Syariah Barokah Padi Melati dan telah beberapa kali mengadakan RAT. RAT terakhir dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2009. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan.
I.    Aset PCM
Aset PCM yang berupa harta kekayaan inventaris kantor seperti terlihat dalam tabel berikut.

       Tabel 1. Daftar Harta Kekayaan Inventaris Kantor PCM

No.
Nama Barang
Jumlah
Keterangan
1
Meja kantor
3 unit

2
Meja sidang
10 unit

3
Kursi
19 unit

4
Almari
3 unit

5
Rak Arsip
1 unit

6
Meja dan Kursi Tamu
1 set

7
Mesin ketik
1 unit

8
Komputer
2 unit


Aset PCM yang berupa tanah hak milik/ wakaf, secara ringkas luasnya seperti terlihat dalam tabel berikut.

Tabel 2.  Luas Tanah Milik Muhammadiyah yang Berada di
              Cabang Wirobrajan

No.
Jenis Kepemilikan
Luas
Keterangan
1
Milik (Wakaf)
23.201 m2

2
Milik (Beli)
250 m2
Masih ada beberapa bidang tanah yang dibeli oleh sekolah Muhammadi-yah dan belum masuk da;am daftar ini




J.      Keanggotaan
Sampai dengan tenggal 6 Agustus 2008 anggota Muhammadiyah yang terdaftar di PCM Wirobrajan sebanyak 3964 orang yang semuanya sudah berNBM dan sampai dengan tanggal 23 Februari 2009 sudah melebihi angka tersebut.


K.     Amal Usaha Muhammadiyah
Amal usaha yang ada di cabang Muhammadiyah Wirobrajan dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 3. Daftar Amal Usaha Muhammadiyah di Cabang Wirobrajan

No.
Jenis
Jml
Nama
Keterangan
1
Masjid/ Mushalla
30
Daftar nama masjid/ mushalla pada lampiran 4

2
TK
9
TK ABA, Daftar nama TK secara
lengkap pada lampiran 5
Dikelola
PCA
3
SD
3
SD Muhammadiyah Wirobrajan 1
SD Muhammadiyah Wirobrajan 2
SD Muhammadiyah Wirobrajan 3

4
SMP/ MTs
2
SMP Muhammadiyah 3
Madrasah Muallimin Muhammadiyah

5
SMA/ MA
3
SMA Muhammadiyah 3
SMA Muhammadiyah 7
Madrasah Muallimin Muhammadiyah

6
BALKES
2
Di Masjid Al Barokah Ketanggungan
Di Masjid Ikhwatun
Sekarang tidak aktif
7
TPA/TKA
21
Daftar nama pada lampiran 8
Dikoordinasi oleh BADKO TKA/TPA
8
BMT
1
BMT Barokah Padi Melati

9
LAZIS
1
LAZIS Nurut Tazkiyah

10
Pondok Pesantren
1
Madrasah Muallimin Muhammadiyah
Memiliki 10
Asrama
11
Koperasi
1
Koperasi Syariah BMT “Barokah”

12
GNOTA
125
Rincian jumlah anak asuh / anak yatim pada lampiran 6
Dikoordinir
PCA dan dikelola PRA se Cabang
13
Santunan Lansia
119
Rincian jumlah lansia penerima santunan pada lampiran 6
Dikoordinir
PCA dan dikelola PRA se Cabang




L.     Hubungan Intern dan Ekstern
1. Hubungan Intern
Hubungan antar pimpinan PCM berjalan dengan baik, dengan dilaksanakannya rapat pimpinan harian bergilir di rumah-rumah anggota pimpinan. Kedekatan emosional antar pimpinan juga terjalin baik.

Pembinaan Majelis dilaksanakan dengan pola banyaknya wakil ketua PCM sebanyak majelis yang ada, sehingga satu orang wakil ketua mempunyai tugas membina satu majelis sekaligus untuk membina PRM-PRM.

Pembinaan Ortom dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali pada saat rapat konsultasi PCM, Ortom tingkat Cabang dan PRM. Khusus untuk PCPM dan PCNA ada pembinaan yang dilaksanakan oleh Majelis Pendidikan Kader dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pembinaan amal usaha pendidikan diserahkan kepada Majelis Dikdasmen PCM dan telah diadakan kegiatan dalam rangka pembinaan tersebut. Pembinaan amal usaha ekonomi diserahkan kepada Majelis Ekonomi. Pembinaan Masjid/ Mushalla dilakukan oleh Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PCM dan Pengurus Takmir Masjid disahkan dengan diterbitkannya SK dari PCM.


2. Hubungan Ekstern
Dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan pihak-pihak di luar Muhammadiyah PCM selama ini secara periodik melakukan audiensi dengan Muspika Kecamatan Wirobajan. Juga dalam beberapa kesempatan/ acara, PCM mengundang berbagai pihak dari luar,  sehingga dalam menyelenggarakan acara-acara, PCM memperoleh dukungan atau bantuan dari lembaga/ instansi lain, misalnya berupa bantuan keamanan dari Polsek.
Selain itu PCM bekerja sama dengan KUA Kec. Wirobrajan, IPHI Wirobrajan, serta MUI Wirobrajan dalam pelaksanaan kegiatan syawalan dan mangayubagyo jamaah calon haji.

M.    Penutup
Demikian profil yang diuraikan secara singkat mengenai PCM Wirobrajan. Semoga uraian singkat ini dapat bermanfaat.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
 
Lampiran 4

DAFTAR MASJID & MUSHOLA SE-CABANG WIROBRAJAN
YANG DIKELOLA MUHAMMADIYAH

No.
Nama Masjid/ Mushalla
Alamat
1
Masjid Kalimosodo
PRM Patangpuluhan
2
Masjid Al Mustaqim
PRM Patangpuluhan
3
Masjid Baitul Abrar
PRM Patangpuluhan
4
Masjid Wakaf
PRM Patangpuluhan
5
Masjid Nur Jannah
PRM Sindurejan
6
Masjid Nur Huda
PRM Sindurejan
7
Mushalla Al Iman
PRM Sindurejan
8
Masjid Barokah wa Rohmah
PRM Ketanggungan
9
Masjid TPM An Nur
PRM Ketanggungan
10
Masjid Baabul Jannah
PRM Ketanggungan
11
Masjid Jami’ Mu’allimin Muh
PRM Ketanggungan
12
Masjid Hikmah
PRM Wirobrajan
13
Masjid Muhajirin
PRM Wirobrajan
14
Masjid Al Hidayah
PRM Wirobrajan
15
Masjid Nurhawwin
PRM Wirobrajan
16
Mushalla Darussalam
PRM Wirobrajan
17
Masjid Nurul Huda
PRM Singosaren
18
Masjid Amal Mulya
PRM Singosaren
19
Masjid Al Amin
PRM Gampingan
20
Masjid Al Furqon
PRM Kuncen
21
Masjid AL Mukarromah
PRM Kuncen
22
Masjid AL Barakah
PRM Kuncen
23
Masjid Baiturrahman
PRM Kuncen
24
Masjid Barakah*)
PRM Kuncen
25
Mushalla Ar Rusydu
PRM Kuncen
26
Mushalla Aisyiyah
PRM Kuncen
27
Mushalla Il Ittihad
PRM Kuncen
28
Masjid Al Muttaqin
PRM Tegalmulyo
29
Masjid Ikhwatun Khasanah
PRM Tegalmulyo
30
Masjid Al Huda
PRM Tegalmulyo






























 


*) Masjid baru, sedang dibangun


Lampiran 5

DAFTAR TK ABA SE-CABANG WIROBRAJAN

No.
Nama
Alamat
Jml. Kelas
Jml. Murid
Jml. Guru
1
TK ABA Tegalmulyo
PRM Tegalmulyo
1
15
3
2
TK ABA Kuncen 1
PRM Kuncen
2
49
5
3
TK ABA Kuncen 2
PRM Kuncen
3
70
4
4
TK ABA Wirobrajan 1
PRM Wirobrajan
3
41
5
5
TK ABA Wirobrajan 2
PRM Wirobrajan
2
28
2
6
TK ABA Ketanggungan
PRM Ketanggungan
4
103
12
7
TK ABA Sindurejan
PRM Sindurejan
2
47
4
8
TK ABA Patangpuluhan
PRM Patangpuluhan
3
62
4
9
TK ABA Singosaren
PRM Singosaren
1
22
2


Jumlah




  Lampiran 6

RINCIAN JUMLAH ANAK ASUH DAN ANAK YATIM
SE CABANG WIROBRAJAN

No.
PRM
Jumlah Anak Asuh
Jumlah Anak Yatim
Jumlah
1
PRM Patangpuluhan
0
18
18
2
PRM Sindurejan
0
10
10
3
PRM Ketanggungan
20
4
24
4
PRM Wirobrajan
18
4
22
5
PRM Singosaren
0
11
11
6
PRM Gampingan
14
2
16
7
PRM Kuncen
4
5
9
8
PRM Tegalmulyo
8
7
15

Jumlah
64
61
125

 RINCIAN JUMLAH PENERIMA SANTUNAN LANSIA
SE CABANG WIROBRAJAN

No.
PRM
Jumlah
Keterangan
1
PRM Patangpuluhan
29

2
PRM Sindurejan
10

3
PRM Ketanggungan
14

4
PRM Wirobrajan
25

5
PRM Singosaren
15

6
PRM Gampingan
5

7
PRM Kuncen
7

8
PRM Tegalmulyo
14


Jumlah
119



  Lampiran 7

DAFTAR MUBALLIGH
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN
YOGYAKARTA

No.
Nama
Alamat
Keterangan
1
Suhardjono
Patangpuluhan WB 3/ 319

2
Rusman HS
Patangpuluhan RT.05/ RW.01

3
Bambang Heru S
Patangpuluhan RT.06/ RW.01

4
Irawan Toto Supraptono
Jln. Dorodasih, Patangpuluhan

5
Iwan Nur Suharsono
Patangpuluhan WB3 / 474

6
Iswanto, SIP
Jln. Srikaloko, Patangpuluhan

7
Hadjam Murusdi, Drs., SU
Patangpuluhan RT38/ RW08

8
Djumadi, S.Pd.
Jln. Pareanom, Patangpuluhan

9
Djamingun, Ir
Singojayan, RT03/ RW01

10
Amirudin, S.Ag.
Singojayan, RT03/ RW01

11
Ismaryono, S.Pd.I.
Ngadimulyo RW.03

12
Aris Thobirin, Drs., M.Si.
Singojayan, RT05/ RW01

13
Samadi, BA.
Tegalmulyo, RW02

14
Giyono
Tegalmulyo, RW02

15
Sunarto HP, Drs.
Jln. Setyaki, Wirobrajan

16
Kemat HS, Drs.
Jln. Setyaki, Wirobrajan

17
Edy Haryanto, Drs.
Jln. Ontorejo, Wirobrajan

18
Bambang Supratikno
Jln. Abimanyu, Wirobrajan

19
Syamsul Hadi, Drs.
Jln. Kapt. P. Tendean 38

20
Ausath Asfianto, Drs.
Jln. Ontoseno 14

21
Umar Fauzi, Drs., MA.
Jln. Ontoseno 16

22
Damanhuri, BA.
Jln. Setyaki, Wirobrajan

23
Samiran, Drs.
Jln. Setyaki, Wirobrajan

24
Abdul Manaf, BA.
Jln. Gatotkaca

25
M. Ikhwan Ahada, S.Ag.
Jln. S. Parman

26
Mardi Irianto, Drs.
WB2 no.257

27
Wasis Abdullah Maksum, Drs.
Jln. Irawan, Wirobrajan

28
Zainuddin Aziz
Kuncen

29
Badaruddin, Drs., MA.
Jln. HOS Cokroaminoto

30
Setyadi Rahman, Drs.
Mancasan

31
Hunan Wadi, S.H.I.
Jln. S. Parman

32
Ahmad Muhajir, Drs., MA.
Asrama Al Mawardi, Wb

33
Darussalam
Asrama Al Mawardi, Wb


  Lampiran 9

JADWAL PENGAJIAN MUBALLIGH
 PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH
WIROBRAJAN

No.
Nama Kegiatan
Waktu
1
Pelatihan Muballigh dan Khatib
31 Juli 2009
2
Fiqhud Dakwah
28 Agustus 2009
3
Penyegaran Materi Dakwah
26 September 2009
4
Masalah Takhayul, Khurafat, dan Bid’ah
30 Oktober 2009
5
Lokakarya Penyusunan Materi Dakwah
28 November 2009

Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus
Ketua,





Drs. H. Badaruddin, MA.

1 komentar:

  1. It's difficult to find educated people about this subject, however, you seem like you know what you're talking about!

    Thanks
    Check out my webpage - Visual Impact Muscle Building Review

    BalasHapus